Friday 30 November 2012

Day 11 - a song from your favorite band


Sebenarnya ini agak double dengan memesong Day 19 (nantikanlah!), tapi biar ga pusing, biarkanlah saya menghadirkan lagu ini disini ya: a song from my favorite band and from my favorite album.

<i><b>Cherub Rock – Smashing Pumpkins</b>

Freak out, and give in
Doesn't matter what you believe in
Stay cool, and be somebody's fool this year
'cause they know, who is righteous, what is bold
So I'm told

Who wants honey, as long as there's some money
Who wants that honey?

Hipsters unite, come align for the big fight to rock for you
But beware, all those angels with their wings glued on
'cause deep down, we are frightened and we're scared
If you don't stare

Who wants honey, as long as there's some money
Who wants that honey?

Let me out 4x

Tell me all of your secrets, cannot help but believe this is true
Tell me all of your secrets, I know, I know, I know
Should have listened when I was told</i>

<iframe width="425" height="349" src="http://www.youtube.com/embed/I5nJcfB0f30" frameborder="0" allowfullscreen="allowfullscreen"></iframe>

Pertama ngeceng Smesing waktu mereka membesut double album <i>Meloncollie and the Infinite Sadnes</i>s. Lagu <i>1979</i> dengan video klip orang-orang party itu loh, kena banget. Tapi hati saya dimenangkan seluruhnya ketika iseng meminjam album <i>Siamese Dream</i>. Kasetnya diputar bolak-balik, tanpa henti, menemani saya belajar untuk ulangan matematika, kimia, fisika, dan banyak lagi.

Album Siamese Dream juga menjawab pertanyaan: <i>‘Name one record that you wanna be stranded with in an island.’</i> Yes, Siamese Dream. Sudah terbukti pada saat kerja praktek di NTT dulu, kan masih jamannya walkman tuh. Dan saya cuman bawa 3 album, yang mana salah satunya ya album ini. Kembali diputar-putar menemani saya menjelajahi site tambang emas itu. Dari kamar yg nun jauh disana, makan di mess hall, ngecengin cowok di lapangan basket, pinjem buku di perpustakaan dan aktivitas-aktivitas lainnya.
Tahun-tahun berikutnya lagu-lagu Siamese Dream selalu wajib ada di dalam MP3 Player. Satu lagu yang paling sering berkumandang adalah <b>Cherub Rock</b>. Walaupun ga ngerti lagu ini tentang apa, tapi ajaib deh, lagu ini selalu memberi kekuatan. Rasanya semangat gitu setelah dengerin lagu ini kenceng-kenceng. Waktu thesis lagu ini diulang-ulang sambil berkutat mengulik skrip model gempa dengan bahasa fortran.

Katanya sih, lirik lagu ini bercerita tentang sebelnya Billy Corgan terhadap industri rekaman. <i>‘Who wants honey? As long as there is money...’</i> Dia pun berteriak-teriak <i>‘Let me out, let me out...’</i> Yang mana suka sekali saya ikuti. Saya juga suka mendendangkan riff gitarnya itu. Ciamik punya memang, sehingga lagu ini masuk list Guitar World's list of the 100 greatest guitar solos of all time, walopun hanya di urutan ke-97.

Kenapa Smashing Pumpkins dinobatkan sebagai ‘My favorite band’, hmm... Kenapa ya? Saya suka sama lagu-lagunya, dari mulai yang full distorsi gitar seperti <i>Cherub Rock</i> ini, sampai ke lagu lirihnya <i>Luna</i> dan <i>In the Arms of Sleep</i>. Terus terang saya lebih suka waktu jamannya James Iha masih bergabung. Image-nya itu loh, melankolis abis. Saya kira, Iha-lah yang menulis lagu-lagu sendu SP, tapi ternyata, Smashing Pumpkins memang Billy Corgan. Mau ga mau saya harus mengakui, Billy-lah yang memberi sentuhan mejik di lagu-lagu SP. Membuatnya melodius dengan lirik yang puitis. Seperti katanya di Cherub Rock:

<b>‘Stay cool, and be somebody’s fool this year.’</b>

No comments:

Post a Comment